Friday, Apr 19

Fakta Berita, Aktual dan Faktual Featured

    Pelatihan ekskul jurnalistik unggulan di SMA-SMK Islam Hang Tuah BatamPelatihan ekskul jurnalistik unggulan di SMA-SMK Islam Hang Tuah Batam

    Pengertian faktual  adalah suatu kejadian yang bersifat nyata, benar-benar terjadi tetapi tidak terikat dengan waktu.

    Dengan kata lain, suatu kejadian yang faktual  bisa terjadi di masa lalu atau pun masa sekarang.

    Sementara pengertian aktual  adalah suatu kejadian yang benar-benar terjadi dan sedang hangat-hangatnya menjadi pembicaraan khayalak.

    Aktual bersifat kekinian atau paling baru. Lalu apa yang dimaksud dengan berita bersifat aktual  dan faktual?

    Faktual  dan aktual  adalah sifat pasti dalam sebuah pemberitaan. Bukan berita namanya kalau tidak berdasarkan pada kenyataan.

    Sebuah berita yang baik haruslah bersifat aktual, yang baru. Mengapa? Karena tidak ada orang yang tertarik dengan sesuatu yang bersifat usang dan lama.

    Sehingga ada istilahnya berita basi untuk menyebutkan sebuah informasi tentang sebuah kejadian yang sudah lama terjadinya.

    Namun, bukan tidak mungkin dalam penyajian berita aktual  disisipkan informasi faktual, sesuatu yang terjadi di masa lampau.

    Biasanya informasi faktual  semacam ini penting sifatnya karena memiliki hubungan dengan peristiwa yang terjadi sekarang.

    Sehingga antara keduanya harus dikaitkan dan menjadi bahan berita yang menarik. Faktual  menjadi semacam unsur pendukung kejadian aktual.

    Namun tentu saja dibandingkan dengan yang  aktual, peristiwa faktual  tidak akan pernah dijadikan headline  atau berita utama.

    Alasannya, jika sesuatu yang sudah lama terjadi diberitakan akan ditinggalkan pembaca atau pemirsanya.

    Contoh faktual  adalah berita-berita yang ada di koran, buku biografi yang ditulis berdasarkan wawancara langsung dengan tokoh yang dituliskan, acara wisata alam, kuliner, dan budaya.

    Jika di televisi, sebuah film yang diangkat dari kisah nyata seseorang adalah faktual. Sementara contoh aktual adalah berita terbaru di koran, radio, televisi atau internet, info terbaru tentang artis, dan lain-lain.

    Sesuatu yang faktual  dan aktual memang menarik perhatian. Karena sesuatu yang nyata akan lebih dipercaya, mengundang rasa penasaran ketimbang sesuatu yang bersifat tidak jelas dan palsu atau bohong.

    Sedangkan sesuatu yang kekinian seakan telah menjadi kebutuhan manusia dewasa ini. Kesimpulan dari pengertian faktual  dan aktual  adalah;

    a. Sesuatu yang faktual belum tentu aktual (baru)
    b. Sesuatu yang aktual sudah pasti faktual (nyata)

    Bekam Batam Ruqyah Batam Bengkel Manusia Indonesia

    Bekam Batam Ruqyah Batam Bengkel Manusia Indonesia Bukan Sembarang Bekam...! sangat profesional, ahli, dan berpengalaman selama 30 tahun mengobati penyakit medis, seperti diabetes, ginjal, jantung, stroke, migrain & selainnya. Untuk penyakit gaib di antaranya akibat gangguan iblisjinsyaithonad dajjalal ’ainsihirblack magic atau selainnya klik: www.ruqyah.or.id | Klik: Daftar Pasien Online | Call (+62) 813-2871-2147 Email: info[at]bekam.or.id | Office: Town House Anggrek Sari Blok G-2 Kel. Taman Baloi Kec. Batam Kota, Batam, Indonesia | Google map klik: https://goo.gl/maps/eTQn6pjiMaBgfT2K8 | Branch Head: Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Pekanbaru | Melayani Panggilan di Seluruh Kota di Dalam dan Luar Negeri | Baca Ulasan: Bekam Jarum Menyelisihi Dalil | Di Sini Penjelasan: Bekam Itu Sayatan dan Bukan Tusukan | Kata mereka setelah bekam (ruqyah) di Bengkel Manusia Indonesia Bukan Sembarang Bekam...! klik di sini:  https://www.bekam.or.id/kata-mereka.html | Anda ingin menyalurkan dam, zakat mal, hadiah, infak, sedekah, hibah, nazar, atau yang lainnya Anda bisa menitipkannya melalui rekening BCA 579-0159-154 (konfirmasi) atau kunjungi Yayasan An Nubuwwah Batam atau www.an-nubuwwah.or.id