Membegal Dajjal

Sunday, 16 June 2019 14:51 Written by

Kiamat besar pasti akan tiba. Hanya Allah Subhanahu Wata ‘Ala yang tahu kapan waktunya. Banyak diceritakan dalam hadis-hadis mutawatir tentang tanda kiamat besar.

Selain puasa wajib di bulan Ramadan, umat Islam diperintahkan untuk menjalankan ibadah puasa sunnah selama enam hari di bulan Syawal.

Selama berada di tanah suci Makkah dan Madinah, kita sering mendengar ungkapan badal haji/umrah.

Tanda-tanda kiamat besar (kubra) ditandai dengan keluarnya Al Masih Ad Dajjal, Imam Mahdi, Ya’juj dan Ma’juj, dan turunnya nabi ‘Isa ‘Alaihis Sallam.

Hari kiamat barangkali sudah dekat waktunya. Hanya saja Allah-lah Yang Maha Mengetahui kapan hari kiamat akan terjadi. Alquran dan hadis sudah menjelaskan secara khusus dan panjang lebar mengenai kiamat.

Perbuatan Perusak Amal

Tuesday, 12 February 2019 08:42 Written by

Amal merupakan perwujudan dari sesuatu yang menjadi harapan jiwa. Baik berupa ucapan, perbuatan anggota badan, atau perbuatan hati. Amal harus berdasarkan pada niat karena Allah Subhanahu Wata 'Ala menilai amal dari niatnya.

Orang yang memutus tali silaturahim atau persaudaraan adalah orang yang dilaknat oleh Allah Subhanahu Wata 'Ala. Di dalam surat Muhammad ayat 22-23, Allah Azza Wa Jalla berfirman:

Manusia hidup tidak pernah lepas dari beragam persoalan. Baik tingkat kecil, menengah, atau atas. Saat persoalan mendera seseorang, umumnya mereka tidak bisa berfikir jernih.

Jadilah hamba-hamba Allah yang bersaudara satu dengan yang lain. Seorang muslim itu saudara bagi muslim yang lain tidak diperkenankan menzalimi, menipu, atau melecehkannya.

Umat Islam di seluruh dunia diwajibkan menunaikan ibadah haji. Kewajiban haji merupakan kesempurnaan rukun Islam. Lima rukun Islam antara lain (1) syahadat, (2) salat lima waktu, (3) puasa Ramadan, (4) zakat, dan (5) haji ke Mekkah.

Umrah saat Ramadan penuh dengan keutamaan. Tentu saja menjalankan ibadah umrah ketika Ramadan sudah dipastikan harganya jauh lebih mahal dibandingkan umrah di luar Ramadan.