Monday, Apr 15

Pengertian Kegiatan Jurnalistik Featured

    Candra P. Pusponegoro memberikan pelatihan jurnalistik kepada ratusan santri Ponpes Al Bahjah Cirebon di Villa Buya Yahya Cigugur Cisantana Kuningan Jawa Barat pada 4 Oktober 2017 laluCandra P. Pusponegoro memberikan pelatihan jurnalistik kepada ratusan santri Ponpes Al Bahjah Cirebon di Villa Buya Yahya Cigugur Cisantana Kuningan Jawa Barat pada 4 Oktober 2017 lalu

    Jurnalistik merupakan kegiatan penyiapan, penulisan, penyuntingan, dan penyampaian berita kepada khalayak melalui saluran media tertentu.

    Jurnalistik mencakup kegiatan dari peliputan sampai penyebarannya kepada masyarakat. Sebelumnya, jurnalistik dalam pengertian khusus disebut juga dengan publikasi secara cetak atau online.

    Jurnalistik tidak hanya sebatas melalui media cetak seperti surat kabar, majalah, dan lainnya. Namun meluas menjadi media elektronik seperti radio, televisi, atau media online (siber).

    Unsur Berita

    1. Mendidik
    2. Informatif
    3. Menghibur
    4. Kontrol sosial
    5. Human interest
    6. Aktual (up to date)
    7. Magnitude (berpengaruh besar)
    8. Approximity (memiliki kedekatan)
    9. Menarik (tidak lazim, unik, kejutan)
    10. Penting (menyangkut banyak orang)

    Isi Berita

    1. Judul atau kepala berita (headline)
    2. Sub judul berita (anak judul)
    3. Urutan kejadian (timeline)
    4. Teras berita (lead atau intro)
    5. Tubuh berita (bodi)
    6. Kutipan (pernyataan)
    7. Arahan tulisan

    Sifat dan Ciri Jurnalis

    1. Jujur
    2. Cerdas
    3. Amanah
    4. Disiplin waktu
    5. Cepat dalam beraksi
    6. Peka terhadap situasi
    7. Pemberani (bukan penakut)
    8. Tangguh dan tahan banting
    9. Selalu berprasangka dalam mencari kebenaran

    Berbicara jurnalistik, pikiran akan tertuju pada kata ‘berita’ atau ‘news’. Lalu apa itu berita? Berita (news) adalah fakta, kejadian yang terbaru (aktual); laporan fakta-fakta aktual, menarik perhatian, dinilai penting, atau luar biasa.

    Berita harus mengandung dan memiliki nilai baru yang mengedepankan aktualitas. Dalam mendapatkan informasi bisa dicapai melalui kegiatan dan proses jurnalistik.Candra P. Pusponegoro memberikan pelatihan jurnalistik kepada ratusan santri Ponpes Al Bahjah Cirebon di Villa Buya Yahya Cigugur Cisantana Kuningan Jawa Barat 4 Oktober 2017 lalu

    Piramida Terbalik

    Susunan penulisan menggunakan metode piramida terbalik. Metode ini lebih menonjolkan inti berita saja. Atau dengan kata lain, lebih menekankan hal-hal yang khusus (penting) yang kemudian dilanjutkan dengan yang tidak penting.

    Selain itu, dalam setiap tulisan mengedepankan unsur-unsur fakta pada setiap bagiannya, terutama pada tubuh berita. Dalam penulisan berita, senantiasa meminimalkan aspek non faktualyang pada kecenderungannya akan menjadi opini.

    Fakta Berita (5W + 1H)

    1. Who, siapa yang terlibat di dalamnya?
    2. What, apa yang terjadi di dalam suatu peristiwa?
    3. Where, di mana terjadinya peristiwa?
    4. Why, mengapa peristiwa itu terjadi?
    5. When, kapan terjadinya peristiwa?
    6. How, bagaimana teknis terjadinya?

    Bentuk jurnalistik lain di media cetak atau onlineberupa opini. Bentuknya bisa berupa tajuk rencana (editorial), artikel opini, atau surat pembaca.

    Penyajian Berita

    1. Sesuai kaidah 5 W + 1 H
    2. Bahasa sesuai KBBI dan EYD
    3. Memenuhi unsur-unsur berita
    4. Digali dari semua sudut pandang
    5. Hard news, soft news, indepth news (analisa)
    6. Disajikan sesuai dengan ruh media yang bersangkutan
    Bekam Batam Ruqyah Batam Bengkel Manusia Indonesia

    Bekam Batam Ruqyah Batam Bengkel Manusia Indonesia Bukan Sembarang Bekam...! sangat profesional, ahli, dan berpengalaman selama 30 tahun mengobati penyakit medis, seperti diabetes, ginjal, jantung, stroke, migrain & selainnya. Untuk penyakit gaib di antaranya akibat gangguan iblisjinsyaithonad dajjalal ’ainsihirblack magic atau selainnya klik: www.ruqyah.or.id | Klik: Daftar Pasien Online | Call (+62) 813-2871-2147 Email: info[at]bekam.or.id | Office: Town House Anggrek Sari Blok G-2 Kel. Taman Baloi Kec. Batam Kota, Batam, Indonesia | Google map klik: https://goo.gl/maps/eTQn6pjiMaBgfT2K8 | Branch Head: Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Pekanbaru | Melayani Panggilan di Seluruh Kota di Dalam dan Luar Negeri | Baca Ulasan: Bekam Jarum Menyelisihi Dalil | Di Sini Penjelasan: Bekam Itu Sayatan dan Bukan Tusukan | Kata mereka setelah bekam (ruqyah) di Bengkel Manusia Indonesia Bukan Sembarang Bekam...! klik di sini:  https://www.bekam.or.id/kata-mereka.html | Anda ingin menyalurkan dam, zakat mal, hadiah, infak, sedekah, hibah, nazar, atau yang lainnya Anda bisa menitipkannya melalui rekening BCA 579-0159-154 (konfirmasi) atau kunjungi Yayasan An Nubuwwah Batam atau www.an-nubuwwah.or.id