Friday, Jul 19

Muharram Bulan Keramat Umat Islam Featured

Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharam 1445 Hijriah Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharam 1445 Hijriah

Kita sudah berada di dalam bulan Muharram. Masyarakat muslim biasa menyebut Muharram dengan tahun baru Islam atau Suro.

Di Indonesia pada umumnya, tanggal 1 Muharram 1445 Hijriah bertepatan pada Rabu 19 Juli 2023 Masehi. Kemeriahan menyambut Muharram dilakukan di banyak tempat dengan adat dan kebiasaan masing-masing.

Memperingati masuknya tanggal 1 Muharram merupakan tanda penghormatan kita kepada Allah dan Rasulullah atas bulan yang sudah ditetapkan-Nya.

Muharram dikenal juga sebagai bulan yang ‘keramat’ karena umat Islam dilarang melakukan kemungkaran (kezaliman).

Baik itu kemungkaran (kemaksiatan) kepada dirinya sendiri dan orang lain. Hal ini sebagaimana yang difirmankan Allah Subhanahu Wa Ta’ala;

إِنَّ عِدَّةَ ٱلشُّهُورِ عِندَ ٱللَّهِ ٱثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِى كِتَٰبِ ٱللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ مِنْهَآ أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ذَٰلِكَ ٱلدِّينُ ٱلْقَيِّمُ فَلَا تَظْلِمُوا۟ فِيهِنَّ أَنفُسَكُمْ وَقَٰتِلُوا۟ ٱلْمُشْرِكِينَ كَآفَّةً كَمَا يُقَٰتِلُونَكُمْ كَآفَّةً وَٱعْلَمُوٓا۟ أَنَّ ٱللَّهَ مَعَ ٱلْمُتَّقِينَ

Artinya;

“Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram (Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab). Itulah ketetapan agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa” (QS. At Taubah 36)

Muharram merupakan salah satu di antara bulan-bulan yang dimuliakan (asyhurul hurum) Allah selain bulan Dzulqa’dah, Dzulhijjah, dan Rajab.

Sebagai bulan permulaan dalam kalender hijriah, umat Islam dianjurkan untuk melakukan amalan yang baik selama bulan ‘keramat’. Dengan membiasakan yang baik itu diharapkan bisa teraplikasi pada bulan-bulan berikutnya.

Para ulama mencontohkan beberapa amalan yang hendaknya diperbanyak selama bulan Muharram di antaranya;

1. Melakukan salat-salat sunah
2. Melaksanakan ibadah umrah
3. Memperbanyak puasa sunah
4. Memperbanyak bersedekah
5. Melakukan bekam (hijamah)
6. Membantu orang kesusahan
7. Menambah nafkah keluarga
8. Menjenguk orang yang sakit
9. Menyantuni anak-anak yatim
10. Menziarahi makam orang tua
11. Memperbanyak membaca Al Qur’an
12. Mengerjakan kebajikan-kebajikan selainnya

Kita harus tahu dan menghafalkan 12 nama bulan dalam hijriah yang sudah ditetapkan Allah sebagaimana dalam surat At Ataubah ayat 36;

1. Muharram (محرم)
2. Shafar (صفر)
3. Rabiul Awwal (ربيع الأول)
4. Rabiul Akhir (ربيع الآخر) atau Rabiul Tsani (ربيع الثاني)
5. Jumadil Awwal (جمادى الأول) atau Jumadil Ula (جمادى الأولى)
6. Jumadil Akhir (جمادى الآخر) atau Jumadil Tsani (جمادى الثانية)
7. Rajab (رجب)
8. Sya’ban (شعبان)
9. Ramadhan (رمضان)
10. Syawwal (شوال)
11. Dzulqa’dah (ذو القعدة)
12. Dzulhijjah (ذو الحجة)

Diharapkan dengan memperbanyak amalan tersebut kita akan diberikan keutamaan (keberkahan). Semoga Allah memudahkan kita dalam melaksanakan amal kebaikan selama bulan-bulan haram.

Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharam 1445 Hijriah, semoga Allah senantiasa menyehatkan, membahagiakan, dan menyejahterakan kita semua sepanjang usianya, aamiin.

Tags
Bekam Batam Bengkel Manusia Indonesia - An Nubuwwah Batam

Pengobatan Diabetes, Jantung, Ginjal, Stroke, Asam Urat, Darah Rendah, Darah Tinggi, Migren, Vertigo, Kelumpuhan Wajah (Bell’s Palsy), Spondylosis Serviks, Anemia, Hemofilia, Rheumatoid Arthritis, Gangguan Kesuburan, Nyeri Leher, Nyeri Bahu, Nyeri Punggung, Nyeri Lutut, Kecemasan, Depresi, Halusinasi, Ilusi, Wahm, Gangguan Pencernaan, dan Medis Lainnya | Termasuk Pengobatan Non Medis Akibat Gangguan Iblis, Jin, Setan, Al ’Ain, Sihir (Black Magic), Pengeluaran: Susuk, Jimat, Rajah, Mantra-mantra, Pembersihan dan Pemagaran Rumah, Rumah Toko (Ruko), Kantor, Pabrik, Lapangan, Pesawat, Kereta Api, Kapal, dan Non Medis Lainnya Klik: www.ruqyah.or.id | Klik: Daftar Pasien Online | Call (+62) 813-2871-2147 Email: info[at]bekam.or.id | Office: Town House Anggrek Sari Blok G-2 Kel. Taman Baloi Kec. Batam Kota, Batam, Indonesia | Branch Head: Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi dan Seluruh Wilayah Indonesia | Overseas: Bekam & Ruqyah Singapura: https://wetcuppingsingapore.com/ Melayani Panggilan Antarkota, Dalam & Luar Provinsi, Luar Negeri | Baca Ulasan: Bekam Jarum Menyelisihi Dalil | Di Sini Penjelasan: Bekam Itu Sayatan dan Bukan Tusukan | Kata Mereka Setelah Bekam dan Ruqyah di Bengkel Manusia Indonesia: https://bekam.or.id/kata-mereka.html | Ingin menyalurkan zakat mal, infak, sedekah, hibah, nazar, riba, dam atau selainnya, Anda bisa menitipkannya melalui rekening Yayasan An Nubuwwah Batam Norek BSI 8122-888-216 a/n An Nubuwwah Batam atau BCA 579-0159-154 | Let‘s Go Visit and Donate to Our PayPal Account: https://www.paypal.com/paypalme/annubuwwah

Map Location